Manajemen Kelas
Manajemen kelas adalah segala usaha yang diarahkan
untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif yang menyenangkan serta
dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai kemampuan.
Ø Tujuan pembelajaran efektif:
·
Kognitif : Yang
tidak bisa menjadi bisa, perubahan pengetahuan
·
Afektif :
Menyukai sistem pembelajaran
·
Psikomotorik :
Perubahan perilaku
Ø Hal-hal yang berkaitan dengan
manajemen kelas:
·
Membuat kelas sebagai tempat untuk belajar.
·
Menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk terjadinya
proses belajar mengajar.
·
Menciptakan proses belajar yang efektif di dalam kelas.
·
Mengupayakan sarana-sarana yang membantu prosesbelajar
mengajar menjadi lebih efektif dan efisien.
·
Selalu berusaha agar siswa benar-benar aktif belajar.
Ø Tujuan Manajemen Kelas:
·
Mewujudkan situasi dan kondisi kelas, baik sebagai lingkungan
belajar maupun sebagai kelompok belajar yang memungkinkan siswa untuk
mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.
·
Menyediakan dan mengatur fasilitas serta perabot yang mendukung
dan memungkinkan siswa untuk belajar yang efektif.
·
Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi
terwujudnya intera belajar mengajar yang efektif.
·
Membina dan membimbng sesuai latar belakang sosial, ekonomi,
budaya, serta sifat-sifat individu.
Ø Tren dalam Manajemen Kelas Lama:
·
Mengorientasikan siswa pada sikap pasif dan patuh pada
aturan-aturan yang ketat. Hal ini melemahkan siswa dalam pembelajaran aktif.
·
Guru sebagai model pengatur.
·
Lebih menekankan pada penciptaan & pengaplikasian.
·
Model permisif.
Ø Tren dalam manajemen kelas Baru:
·
Fokus pada kebutuhan murid untuk mengembangkan hubungan dan
kesempatan untuk menata diri.
·
Menekankan pada bimbingan siswa murid lebih disiplin.
Ø Kunci dalam Manajemen Kelas
di awal masa sekolah:
·
Menyampaikan aturan atau prosedur yang guru gunakan kepada
kelas dan mengajak siswa bekerja sama untuk mematuhi aturan atau prosedur
tersebut.
·
Mengajak siswa terlibat aktif di dalam semua kegiatan
pembelajaran yang ada.
Ø Dampak Manajemen Kelas bagi
guru:
·
Mengembangkan pengertian dan keterampilan dalam memelihara
penyajian dan langkah langkah pengajaran secara tepat dan baik.
·
Memberikan respon secara efektif terhadap tingkah laku siswa
yang menimbulkan gangguan.
·
Memiliki kesadaran terhadap kebutuhan siswa dan mengembangkan
kompetensidi dalam memberikan pengarahanyang jelas kepada siswa.
Ø Dampak Manajemen Kelas bagi
siswa:
·
Membantu siswa menampilkan tingkah laku sesuai dengan tata
tertib kelas dan merasakan teguran guru sebagai peringatan bukan kemarahan.
·
Menimbulkan rasa kewajiban melibatkan diri dalam tugas serta
bertingkah laku sesuai dengan aktivitas kelas.
·
Mendorong siswa mengembangkan tanggung jawab individu
terhadap tingkah laku serta sadar dan mampu mengendalikannya.
Ø Strategi dalam Manajemen
Kelas:
·
Mendesain lingkungan fisik kelas untuk pembelaaran yang
optimal.
·
Menciptakan lingkungan yang positif dalam proses
belajar-mengajar.
·
Mengajak murid untuk bekerja sama.
·
Mengatasi problem secara efektif.
·
Membangun dan menegakkan aturan.
·
Menggunakan strategi komunikasi.
Ø Pendekatan Operasional
Manajemen Kelas
·
Pendekatan Intimidasi : Upaya guru untuk menciptakan dan
mempertahankan ketertiban suasana kelas melalui intimidasi.
·
Pendekatan Permisif : Manajamen kelas untuk memaksimalkan
kebebasan siswa.
·
Pendekatan Buku Masak : Seperangkat kegiatan guru dengan
mengikuti petunjuk atau cara yang telah dicontohkan untuk menciptakan suasana
kelas yang kondusif.
·
Pendekatan Instruksional : Kegiatan guru untuk menciptakan
suasana kelas yang efektif melalui perencanaan pembelajaran yang bermutu dan
dilaksanakan dengan baik.
·
Pengubahan Tingkah Laku : Pendekatan yang dilakukan guru
untuk mengembangkan tingkah laku peserta didik yang diinginkan dengan
mengurangi tingkah laku yang tidak diinginkan.
·
Pendekatan Penciptaan Iklim Sosio-emosional : Setiap kegiatan
yang dilakukan guru bertujuan untuk mengembangkan hubungan interpersonal yang
baik dan iklim sosio-emosional kelas yang positif.
·
Pendekatan Sistem Sosial : Seperangkat kegiatan guru untuk
menumbuhkan dan memertahankan organisasi kelas yang efektif.
0 komentar:
Posting Komentar