Minggu, 02 Juli 2017

Manajemen Kelas

Manajemen Kelas

Manajemen kelas adalah segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif yang menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai kemampuan.

Ø  Tujuan pembelajaran efektif:
·         Kognitif            : Yang tidak bisa menjadi bisa, perubahan pengetahuan
·         Afektif             : Menyukai sistem pembelajaran
·         Psikomotorik   : Perubahan perilaku

Ø  Hal-hal yang berkaitan dengan manajemen kelas:
·         Membuat kelas sebagai tempat untuk belajar.
·         Menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk terjadinya proses belajar mengajar.
·         Menciptakan proses belajar yang efektif di dalam kelas.
·         Mengupayakan sarana-sarana yang membantu prosesbelajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien.
·         Selalu berusaha agar siswa benar-benar aktif belajar.

Ø  Tujuan Manajemen Kelas:
·         Mewujudkan situasi dan kondisi kelas, baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.
·         Menyediakan dan mengatur fasilitas serta perabot yang mendukung dan memungkinkan siswa untuk belajar yang efektif.
·         Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya intera belajar mengajar yang efektif.
·         Membina dan membimbng sesuai latar belakang sosial, ekonomi, budaya, serta sifat-sifat individu.

Ø  Tren dalam Manajemen Kelas Lama:
·         Mengorientasikan siswa pada sikap pasif dan patuh pada aturan-aturan yang ketat. Hal ini melemahkan siswa dalam pembelajaran aktif.
·         Guru sebagai model pengatur.
·         Lebih menekankan pada penciptaan & pengaplikasian.
·         Model permisif.

Ø  Tren dalam manajemen kelas Baru:
·         Fokus pada kebutuhan murid untuk mengembangkan hubungan dan kesempatan untuk menata diri.
·         Menekankan pada bimbingan siswa murid lebih disiplin.

Ø  Kunci dalam Manajemen Kelas di awal masa sekolah:
·         Menyampaikan aturan atau prosedur yang guru gunakan kepada kelas dan mengajak siswa bekerja sama untuk mematuhi aturan atau prosedur tersebut.
·         Mengajak siswa terlibat aktif di dalam semua kegiatan pembelajaran yang ada.

Ø  Dampak Manajemen Kelas bagi guru:
·         Mengembangkan pengertian dan keterampilan dalam memelihara penyajian dan langkah langkah pengajaran secara tepat dan baik.
·         Memberikan respon secara efektif terhadap tingkah laku siswa yang menimbulkan gangguan.
·         Memiliki kesadaran terhadap kebutuhan siswa dan mengembangkan kompetensidi dalam memberikan pengarahanyang jelas kepada siswa.

Ø  Dampak Manajemen Kelas bagi siswa:
·         Membantu siswa menampilkan tingkah laku sesuai dengan tata tertib kelas dan merasakan teguran guru sebagai peringatan bukan kemarahan.
·         Menimbulkan rasa kewajiban melibatkan diri dalam tugas serta bertingkah laku sesuai dengan aktivitas kelas.
·         Mendorong siswa mengembangkan tanggung jawab individu terhadap tingkah laku serta sadar dan mampu mengendalikannya.

Ø  Strategi dalam Manajemen Kelas:
·         Mendesain lingkungan fisik kelas untuk pembelaaran yang optimal.
·         Menciptakan lingkungan yang positif dalam proses belajar-mengajar.
·         Mengajak murid untuk bekerja sama.
·         Mengatasi problem secara efektif.
·         Membangun dan menegakkan aturan.
·         Menggunakan strategi komunikasi.

Ø  Pendekatan Operasional Manajemen Kelas
·         Pendekatan Intimidasi : Upaya guru untuk menciptakan dan mempertahankan ketertiban suasana kelas melalui intimidasi.
·         Pendekatan Permisif : Manajamen kelas untuk memaksimalkan kebebasan siswa.
·         Pendekatan Buku Masak : Seperangkat kegiatan guru dengan mengikuti petunjuk atau cara yang telah dicontohkan untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif.
·         Pendekatan Instruksional : Kegiatan guru untuk menciptakan suasana kelas yang efektif melalui perencanaan pembelajaran yang bermutu dan dilaksanakan dengan baik.
·         Pengubahan Tingkah Laku : Pendekatan yang dilakukan guru untuk mengembangkan tingkah laku peserta didik yang diinginkan dengan mengurangi tingkah laku yang tidak diinginkan.
·         Pendekatan Penciptaan Iklim Sosio-emosional : Setiap kegiatan yang dilakukan guru bertujuan untuk mengembangkan hubungan interpersonal yang baik dan iklim sosio-emosional kelas yang positif.

·         Pendekatan Sistem Sosial : Seperangkat kegiatan guru untuk menumbuhkan dan memertahankan organisasi kelas yang efektif.

0 komentar:

Posting Komentar

 

ANNISA'S DAILY NOTE Template by Ipietoon Cute Blog Design